bLoGGiNg 4 LeaRNiNg

— Sebaik-baik di antara kalian adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain —

ARTI SEBUAH KEPEMIMPINAN

Posted by treest on 4 March 2009

ARTI KEPEMIMPINAN

Kepemimpinan berasal dari kata “Pimpin” yang berarti tuntun, bina atau bimbing. Pimpin dapat pula berarti menunjukan jalan yang baik atau benar, tetapi dapat pula berarti mengepalai pekerjaan atau kegiatan. Dengan demikian, kepemimpinan adalah hal yang berhubungan dengan proses menggerakkan, memberikan tuntutan, binaan dan bimbingan, menunjukkan jalan, memberi keteladanan, mengambil resiko, mempengaruhi dan meyakinkan pihak lain, mengarahkan dan masih banyak lagi artinya :
Pengertian kepemimpinan adalah sebagai berikut :
Suatu proses mempengaruhi aktivitas orag lain atau sekelompok orang untuk bekerjasama mencapai tujuan tertentu.
Pada hakikatnya dalam kepemimpinan terdapat unsur-unsur antara lain kemampuan menggerakkan, mempengaruhi, mengarahkan tingkah laku orang lain atau kelompok untuk mencapai tujuan organisasi/kelompok.

FUNGSI KEPEMIMPINAN
Fungsi kepemimpinan adalah menggerakkan orang yang dipimpin menuju tercapainya tujuan. Agar dapat menanamkan kepercayaan pada orang yang dipimpinnya dan menyadarkan bahwa mereka mampu berbuat sesuatu dengan baik. Disamping itu, pemimpin harus memiliki pikiran, tenaga dan kepribadian yang dapat menimbulkan kegiatan dalam hubungan antar manusia.
Dari pembahasan di atas terlihat bahwa seorang pemimpin yang baik, hahrus memiliki persyaratan yang dapat di kelompokkan menjadi tiga, yaitu sifat, sikap/perilaku dan kemampuan.

1. Sifat
Sifat-sifat yang harus dimiliki seorang pemimpin pada umumnya ialah bijaksana, cerdas, rasional, tegas, adil, kritis, jujur, sabar, bertanggung jawab dan sebagainya.
2. Sikap/Perilaku
Disamping itu, pemimpin yang baik perlu juga menentukan/memilih sikap atau perilaku yang sesuai dengan keadaan, tetapi memiliki sikap yang tersirat dalam butir-butir Pancasila, yang harus dibina. Berikut ini kita pelajari hasil penyusunan dua pakar, yaitu Robert Tannenbaum dan Warren H.Schmidt berupa satu model rangkaian perilaku kepemimpinan, yang dapat membantu kita dalam menentukan sikap/perilaku tertentu yang sesuai dengan keadaan. Keadaan tersebut mengacu pada kadar kemampuan pemimpin dan kemampuan orang yang dipimpin untuk bekerjasama.

DEFINISI KEPEMIMPIAN
Definisi kepemimpinan memiliki banyak aspek, namun ia setuju bahwa seorang pemimpin adalah salah satu kepribadian yang magnetis galvanizes orang untuk beberapa penyebab. Bukan oleh kata-kata, tetapi oleh tindakan mereka adalah cara yang sangat mempengaruhi pemimpin mereka pengikutnya. Mereka mengabarkan apa yang mereka lakukan. Keberadaan mereka sudah cukup untuk memotivasi masyarakat, karena mereka bertindak sebagai katalisator.
Hal ini sering menyatakan bahwa pemimpin lahir mereka tidak dibuat. Cukup contoh dapat dikutip untuk kedua-dua argumen. Namun, sejarah telah menjadi kesaksian kepada fakta bahwa beberapa pemimpin yang telah menunjukkan kemampuan kepemimpinan yang luar biasa di kemudian bagian dari kehidupan mereka. Tidak ada yang bisa menjadi seorang pemimpin kecuali dan sampai ia mampu mempengaruhi orang lain. J adalah salah satu pemimpin yang mampu membuat pengaruh abadi dalam pikiran masyarakat, sehingga mereka percaya bahwa apapun yang dilakukan adalah pemimpin, maka mereka untuk mendapatkan keuntungan.
Salah satu definisi kepemimpinan categorizes sebagai seorang pemimpin ‘X’ pemimpin luar biasa jika dia memiliki kemampuan kepemimpinan pribadi. The ‘X’ pemimpin yang memiliki naluri batin untuk memimpin. Mereka menunjukkan kemampuan kepemimpinan mereka diperlukan oleh mengembangkan keterampilan dan pengetahuan. Mereka memimpin dari depan dan menunjukkan perhatian sepenuhnya untuk mereka pengikutnya. Para pemimpin juga jangan ragu-ragu dalam diakui dan belajar dari kesalahan ini. Mereka terus terus inovatif sendiri. Mereka terbuka untuk tantangan baru dan siap untuk mengadopsi pendekatan inkonvensional untuk mencapai tujuan mereka. Para pemimpin juga memiliki kemampuan untuk mengambil resiko besar.
Sementara mendefinisikan kepemimpinan adalah penting untuk memahami bahwa seorang pemimpin adalah seseorang yang secara efektif dapat berkomunikasi dengan pengikutnya. Salah satu definisi kepemimpinan mendefinisikan pemimpin sebagai pemimpin alam. Pemimpin alam ini disebut karismatik pemimpin. Karismatik pemimpin yang memiliki potensi untuk membawa perubahan radikal dalam masyarakat.
Pemimpin perlu terus memantau lingkungan. Mereka tidak hanya dapat bertindak secara lokal tetapi mereka harus memiliki pandangan yang lebih luas. Mereka harus sangat fleksibel dan adaptable. Yang lebih baik adalah salah satu pemimpin yang dapat meramalkan masa depan dan mengambil langkah-langkah untuk menangani itu. Pemimpin dapat nurtured juga. Ia adalah untuk laki-laki ke pemimpin masa depan pemimpin bagi organisasi mereka. Benar pelatihan, bimbingan dan tanggung jawab membantu seorang individu untuk muncul sebagai seorang pemimpin.
Hal ini sering berpendapat bahwa tidak ada satu definisi kepemimpinan. Setiap pemimpin di masa lalu dipamerkan beberapa sifat unik, yang membuat mereka pahlawan mereka pengikutnya. Konsistensi dari tujuan yang diperlukan. J-ubah hati pemimpin yang membingungkan pengikutnya dan mengambil tempat mereka. J pemimpin harus memimpin sebuah kehidupan disiplin. Dia harus bertindak sebagai katalisator dan tidak langsung untuk mengambil kredit untuk sukses. Setelah menjadi jelas bahwa pemimpin berada di belakang nama, ketenaran dan uang, ia kehilangan kredibilitas dan kepercayaan kepada pengikutnya. J pemimpin harus menunjukkan diri sepenuhnya dan kesabaran. Selama kesengsaraan, dia harus membuat dirinya positif lingkungan sekitar, yang akan mendorong kepada pengikutnya. J pemimpin jangan hanya visioner tetapi ia juga harus praktis. Ia harus mampu membuat chord dengan pengikutnya.

PANTANG MENYERAH

Teringat sewaktu pertama masuk kerja di perusahaan saya bekerja, Bos saya menulis besar-besar di tembok dekat tempat duduk terpampang tulisan
“Gamushara-Yaru Kon Gen” yang kalau tidak salah arti menurut My Director Mr
Nakayama artinya adalah “bekerja keras dan Pantang Menyerah”. itu adalah
prinsip yang dipegang oleh Directur di perusahaan saya bekerja. saya setuju
dengan pendapat itu, dalam menggapai sukses atau mimpi kita harus menanamkan semangat untuk pantang menyerah.
Pribadi pantang menyerah (tangguh) adalah tidak lain sebutan bagi pribadi yang tidak merasa lemah terhadap sesuatu yang terjadi dan menimpanya.
Pribadinya menganggap sesuatu yang terjadi itu dari segi positifnya. Tidak berhasil menyelesaikan suatu permasalahan tidak membuat seseorang dikatakan gagal karena orang yang tidak berhasil untuk pertama kali bisa mencoba lagi untuk kedua kalinya, dan orang yang gagal kedua kali bias mencoba lagi untuk ketiga kali, sampai ia berhasil. Tetapi patah semangat yang muncul karena
tidak berhasil menyelesaikan suatu permasalahan bisa membuat seseorang
Gagal.
Menjaga konsistensi kegigihan dan pantang menyerah sama artinya seperti Kita pergi mencari rahasia sukses dari orang – orang tersukses yang Kita kagumi. Hidup ini mengajarkan kepada kita semua untuk selalu melintasi semua medan perjalanan tanpa pernah mengeluh apa lagi putus asa terhadap situasi dan kondisi yang kita temukan di medan perjalanan tersebut. Konsistensi semangat juang harus selalu terpelihara dalam situasi dan kondisi apa pun, sebab hanya itu yang bisa membangkitkan Kita dari setiap keterpurukan yang Kita alami selama perjalanan hidup Kita dalam mencari mimpi, cita – cita, dan
harapan.
Sifat gigih dan pantang menyerah adalah sebuah wujud kepribadian seseorang
yang tanpa rasa bosan bangkit dari satu kegagalan ke kegagalan lain dan
akhirnya mencapai sukses dan keberhasilan. Rajin dan Pantang Menyerah adalah sepasang sifat dasar yang harus dimiliki seseorang untuk sukses dan berhasil mencapai apa yang dicita-citakan serta mencapai sesuatu yang diperjuangkan.
Seseorang yang gigih, rajin, dan pantang menyerah adalah seseorang yang memiliki daya imajinasi dan kreatifitas yang tinggi karena dengan kedua daya itu, ia senantiasa berusaha memberi berbagi jawaban atas keragaman tantangan yang dihadapinya.
Dalam setiap usaha mengejar mimpi dan harapan, ada – ada saja cobaan yang akan Kita alami, semua itu untuk menguji keteguhan hati serta kesiapan Kita untuk naik ketingkat yang lebih tinggi. Oleh karena itu, Kita tidak boleh terlalu bernafsu, terlalu ambisius, terlalu terburu – buru, ataupun selalu
tak sabar. Kalau Kita terlalu berambisi dan bergerak maju secara membabi
buta tanpa perduli kepada pengendalian risiko, Kita akan selalu buta untuk
melihat tKita – tKita yang diberikan Tuhan sepanjang perjalanan hidup Kita
dalam upaya menemukan mimpi dan harapan. Hak Kita untuk mempercayainya, tapi saya pribadi sangat yakin bahwa Tuhanlah yang telah menciptakan semua naskah cerita untuk kita lakoni secara sempurna dan untuk itu Kita harus melatih
diri melalui segala kebaikan, agar mampu memahami semua isyarat – isyarat
dari Sang Pencipta secara optimal.

Beberapa tips yang menurut saya dapat membuat / mempertahankan samangat
juang

1. Kalau Anda mempunyai kecendrungan mudah menyerah, maka langkah pertama
pertama yg paling penting adalah mengakui kelemahannya itu. Dengan
menyadarinya , Anda akan lebih siap untuk memperbaikinya.

2. motivasikanlah diri Anda untuk mengembangkan sikap pantang menyerah.
Sikap ini diperlukan untuk meraih keberhasilan dalam hidup. orang yg mudah
menyerah , frustasi dan mudah putus asa adalah orang yg gagal.

3. Arahkan mata Anda pada tujuan , bukan pada hambatan . Bila Anda memandang
pada tujuan , maka hambatan tidak akan menakutkan. Tapi sebaliknya , bila
Anda terfokus pada hambatan , Anda akan mudah kehabisan daya juang.

4. Beranilah mengambil risiko namun dengan perhitungan yg mantap , Hadapi
dan alamilah pengalaman dan petualangan baru. Keberanian yg benar bukan
berarti seperti orang yg terjun bebas ke jurang, tapi seperti orang yg
menuruninya setahap demi setahap dengan persiapan yg matang.Kalau Anda tidak
berani mengambil resiko , tentu saja Anda berada pada tempat yg aman , namun
Anda tidak akan berkembang.

5. Hadapilah semua tantangan dengan penuh keberanian .Anggaplah tantangan
sebagai “Sparring Pathner” yg akan membuat Anda semakin kuat , bukan sebagai
raksasa yg menelan Anda. Semakin banyak tantangan , semakin berani
menghadapinya, maka semakin terbentuk karakter yg kuat.

6. Jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan bahwa Anda tidak akan berhasil
bila pada usaha Anda mengalami kegagalan. Belajarlah daridari kegagal itu
agar didapat gambaran yg lebih baik lagi.

7. Teruslah berusaha, terkamlah segala kesempatan yg ada , karena kesempatan
itu tak datang untuk kedua kalinya !, tidak ada pendobrak kegagalan yg
sekuat nilai “kegigihan dan pantang menyerah” . Ingatlah filsofi air yg bisa
melubangi batu dengan tetesan yg terus terus-menerus.

8. Imbangi kegigihan Anda dengan pemikiran yg kreatif. Bila perjalanan Anda
terhalang oleh batu cadas , Anda tidak perlu membenturkan kepala Anda untuk
membuktikan bahwa Anda pantang Menyerah. Berhentilah sejenak dan pikirkanlah
bagaiman cara mengatasinya. carilah jalur alternatif !

9. Jangan terpengaruh oleh kegagalan orang lain, tapi biarlah keberhasilan
orang lain memotivasi kita. Belajarlah dari kegagalan dan kesalahan orang
lain tanpa hrus mengalaminya sendiri. Dengan cara itru Anda menghemat banyak
sekali waktu dan energi Anda yg sangat berharga.

kita seharusnya tidak menjadi pesimis dan berserah diri. Kita harus optimis dan selalu berusaha untuk mencapai yang terbaik dalam hidup ini. Sehingga untuk menjadikan pribadi pantang menyerah dan tangguh.90 % orang orang yang merasa gagal sebetulnya belum tentu gagal.. hanya saja mereka cepat menyerah.
Semangat adalah makhluk yang tidak konsisten, dan dia bisa membuat Anda terlalu berlebihan dalam bersikap atas sebuah peristiwa yang menguntungkan, atau pun atas sebuah peristiwa yang merugikan. Dia pun bisa menghanyutkan Anda bersama emosi negatif, atau membangkitkan Anda bersama emosi positif.
Namun pada akhirnya semangat tergantung kepada sikap Anda, meski semangat sangat berfluktuasi, dia akan mengikuti kemauan Anda, bila Anda mampu memahami pola fluktuasinya yang konsisten.
Jadi, jangan pernah menyerah jika menghadapi tantangan dalam anda menggapai mimpi. Asah diri dan mental kita, karena yakin kita mampu. Ayo abaikan setiap kesulitan dan hambatan. Maju terus demi meraih cita-cita kita. Ketika kita bisa mengalahkan rasa ingin menyerah atau putus asa, pasti kita telah membuka satu kemungkinan untuk bisa menggapai mimpi / sukses kita. Jadi pelihara dan teruskan semangat pantang menyerah, karena semangat pantang menyerah adalah langkah awal kita untuk menggapai mimpi atau sukses.
“Kegagalan adalah guru kita, bukan penghambat kita, kegagalan hanyalah keberhasilan yang tertunda, bukan kekalahan. dan obat dari kegagalan adalah gigih dan pantang Menyerah”.

About these ads

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: